Apa Bedanya Ragi Kering 「Sports Betting Network」dan Instan? Kenali Jenis Ragi Berikut

  • 时间:
  • 浏览:0

JenSports Betting Networkis ini sering ditemSports Betting NetworkukSports Betting NetworkSports Betting NetworkSports Betting Networkan dan dijual dalam kemasan paket atau dalam wadah stoples kaca. Sel ragi yang tidak aktif ini dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa bulan sampai tanggal kedaluwarsanya.

Ragi kering aktif tidak boleh dicampur dengan cairan bersuhu lebih dari 43 derajat celsius, karena akan menyebabkan ragi mati, melansir The Spruce Eats.

Cara penyimpanan ragi instan bisa disimpan di freezer dalam wadah kedap udara hingga 2 tahun.

Dalam bahasa Yunani Latin berarti “jamur gula”, sebab pada pengaplikasiannya ragi bekerja dengan memakan gula dan mengubah makanan itu menjadi karbon dioksida dan alkohol jika diberi waktu yang cukup.

Namun, ragi jenis ini juga peka terhadap suhu panas maka pastikan untuk menyimpannya jauh dari area yang hangat.

Ragi instan adalah jenis ragi yang umum ditemui di pasaran. Biasanya ragi instan dijual dalam kemasan saset.

Jika campuran ragi tidak bertambah besar dan menjadi berbusa dalam 10 sampai 20 menit, ragi tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Ilustrasi ragi instan kemasan.

KOMPAS.com - Ragi, melansir Real Simple, adalah mikroorganisme sel tunggal bernama Saccharomyces cerevisiae dengan bentuk sel seperti telur.

Kelompok ragi ini sering dipakai pada pembuatan roti, kue, dan minuman beralkohol untuk mengembangkan adonan serta memberi rasa & aroma pada produk.

Ilustrasi ragi

Meskipun demikian, sering dijumpai ragi instan dilarutkan dahulu di cairan tujuannya agar mudah tercampur rata pada adonan.

Ragi kering aktif akan mulai mati begitu terkena suhu lebih tinggi dari 120 derajat fahrenheit atau sekitar 49 derajat celsius.

Sebelum ditambahkan ke resep, ragi kering aktif harus dilarutkan dalam air atau susu hangat, untuk memastikan tingkat aktivitasinya.

Baca juga: 6 Cara Hindari Ragi Mati pada Adonan Roti, Perhatikan Proses Resting

Ragi instan memiliki butiran lebih halus dan lebih kecil daripada ragi kering aktif. Ragi instan dapat digunakan dalam resep tanpa perlu dilarutkan ke dalam cairan terlebih dahulu, karena waktu fermentasi ragi instan lebih singkat dari jenis ragi lain.

Apa sajakah jenis ragi untuk membuat roti dan kue? Ada tiga jenis ragi roti yang diproduksi secara komersial yaitu kering aktif, instan, dan segar.

Baca juga: 3 Bahan Pengganti Ragi untuk Roti, Perhatikan Takaran

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Ragi kering aktif adalah ragi hidup yang mengalami dehidrasi (pengeringan) sebagian, lembab, dan digiling menjadi butiran.

Ragi kering aktif memiliki proses fermentasi yang lebih lama jika dibandingkan dengan ragi lainnya, yang berarti paling cocok untuk resep adonan yang membutuhkan proses pengembangan adonan ganda dalam waktu yang lebih lama.

Semua jenis itu akan bekerja untuk adonan ragi dalam resep kue dan roti beragi apa pun, tetapi masing-masing memiliki sedikit perbedaan. Berikut penjelasan dari jenis ragi tersebut dikutip dari Delish.

Simpan dalam kantong kedap udara di dalam freezer untuk menjaga ragi dan memperpanjang umur simpannya.